DHCP server


DHCP server ini banyak di jumpai di suatu sistem oprasi yang mengatur suatu jaringan. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.. selanjutnya saya akan menjelaskan tentan cara kerja dan instalasi DHCP Server seperti di bawah ini  :

Dan di bawah ini adalah gambar dari suatu proses terjadinya internet.


gambar Proses terjadinya internet
Langkah-langkah cara kerja DHCP :
  1. pada suatu LAN, cukup ada SATU DHCP server. DHCP server ini diset untuk membagikan alamat IP dengan rentang tertentu, misal 192.168.0.100 – 192.168.0.199.
  2. Ada banyak komputer client. Setiap komputer diset agar TCP/IP nya memakai mode AUTO.
  3. Saat komputer client dihidupkan, dia akan menyebarkan permintaan alamat IP.
  4. Si DHCP server akan menangkap permintaan ini, lalu memberikan nomor IP unik dalam rentang yang telah ditentukan. Bersamaan dengan itu, juga dapat diberikan informasi lain seperti netmask, alamat dns server, maupun gateway.
  5. Si client bisa men -set TCP/IP -nya sesuai informasi yang diberikan dan mulai bekerja.

Alamat IP ini hanya pinjaman. Setelah selang waktu yang ditentukan, DHCP server akan menagihnya kembali agar dapat dipinjamkan ke client lain. Jadi si client harus memperbaharui pinjamannya (leasing) secara berkala

 

Instalasi ‘DHCP server

  • logon sebagai administrator – misal sebagai member dari domain local security group ‘DHCP Administrator’ atau member dari global group ‘Domain admin’ untuk bisa install dan me-manaje DHCP server.
  • DHCP server role tidak diinstall by default dalam windows, maka kita harus install terlebih dahulu role ini.Klik Start => pilih ‘Manage Your Server’ => klik ‘Add Or remove a role’ => pilih ‘DHCP role’ => kemudian klik ‘Next’ untuk memulai instalasi role DHCP server, biarkan instalasi sampai selesai.
  • Atau anda juga bisa menggunakan ‘Windows component wizard’, buka ‘Control panel’ dan dobel klik ‘Add and Remove Programs’ => ‘Add / Remove Windows Component’ => di dalam Networking Services, component DHCP ada dalam sini bersama component DNS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s