Robot Neo si “penditeksi Tsunami”


Sekian jenis robot telah dikembangkan untuk berbagai fungsi, mulai dari sekedar vaccum cleaner hingga sebagai pembantu misi antariksa dan pendingin reaktor nuklir. Akankah nanti ada pula robot detektor tsunami?

Pakar robotika dari Universitas Indonesia Dr Ir Wahidin Wahab M.Sc menilai hal itu sangat memungkinkan. Ia mengatakan bahwa saat ini pengembangan robot tidak cuma robot darat saja, tetapi juga sudah robot yang bisa bekerja di air.

“Dalam waktu yang tidak lama lagi, mungkin akan muncul robot yang bisa digunakan untuk deteksi akan adanya tsunami,” jelasnya di sela-sela training Robot Nao di World Robotic Explorer, Jakarta, 25-26 Maret 2011.

Menurutnya, robot yang bekerja di air sendiri sejauh ini masih dalam tahap demo. Robot yang dikembangkan misalnya berbentuk ikan dan ular, digunakan untuk deteksi kabel bawah laut dan kebocoran pipa minyak.

Pengembangan atau penyediaan robot untuk beberapa sektor perlu dilakukan sehingga mempermudah kerja manusia. Dengan robot air misalnya, manusia tak harus menyelam di kedalaman untuk tahu adanya kebocoran pipa. Wahidin mengungkapkan, pengembangan robot di Indonesia belum menjurus ke sektor tertentu. Karena masalah dana, pengembangan robot juga belum menyentuh hardware robot itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s